Tuduhan Kepada Roger Federer Pengaruhi Sistem Peringkat Untuk Keuntungannya Sendiri

Tuduhan Kepada Roger Federer Pengaruhi Sistem Peringkat Untuk Keuntungannya Sendiri

Permainan Tenis – Dirk Hordorff, Wakil Presiden Federasi Tenis Jerman, menuduh atlet tenis Roger Federer menggunakan posisinya di Dewan Pemain ATP untuk mendapatkan keuntungan dari peringkatnya sendiri.

Tur ATP saat ini menggunakan sistem peringkat yang berbeda karena pandemi yang sedang berlangsung. Sesuai dengan sistem yang direvisi, seorang pemain dapat mempertahankan poin yang diperoleh selama turnamen pada tahun 2019 jika ia tidak memainkan turnamen yang sama atau tidak bermain dengan baik pada tahun 2020.

Roger Federer tidak bermain sejak Australia Terbuka Januari karena cedera lutut, yang dia jalani operasi pada Februari dan Juni. Dan pria berusia 39 tahun itu telah menjadi salah satu penerima manfaat terbesar dari sistem peringkat yang direvisi.

Terlepas dari 11 bulan absennya dan fakta bahwa ia hanya memainkan satu acara, Federer masih menduduki peringkat No. 5 di dunia. Dia mempertahankan sebagian besar poin yang dia peroleh selama musim 2019, di mana dia mencapai final Wimbledon dan semifinal Roland Garros.

Berbicara di podcast Tennisnet ‘Quiet please’, Dick Hordorff menunjukkan bahwa superstar Swiss itu masih berada di peringkat 10 besar hanya karena perubahan sistem. Dia juga menyindir bahwa Roger Federer memiliki pengaruh besar di Dewan Pemain ATP, terutama dengan keluarnya Novak Djokovic dan Vasek Pospisil pada Agustus lalu.

Tur ATP membuat perubahan menit terakhir tepat sebelum Final ATP akhir musim. Sekarang, poin dari ATP Finals 2019 juga akan dipertahankan sebagai bagian dari peringkat para pemain jika mereka tidak lolos ke turnamen pada tahun 2020 atau tidak berhasil juga.

Analisis terbaru dengan hanya memperhitungkan poin yang diperoleh selama musim 2020 menempatkan Roger Federer di peringkat 29 dunia. Satu-satunya pertandingan Federer pada tahun 2020 adalah finis di semifinal Australia Terbuka, di mana ia memperoleh 720 poin peringkat.

Pemeringkatan 2020 akan dipimpin oleh ATP No. 1 Novak Djokovic saat ini, diikuti oleh Dominic Thiem di No. 2 dan Rafael Nadal di No. 3.

Namun, tidak jelas pendapat pemain mana yang dipertimbangkan oleh ATP sebelum membuat sistem peringkat yang direvisi. Sampai sekarang, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa Roger Federer ada hubungannya dengan keputusan tersebut.