Raih Gelar Italia Terbuka 2020, Djokovic Torehkan Rekor Baru

Raih Gelar Italia Terbuka 2020 Djokovic Torehkan Rekor Baru

Petenis asal Serbia, Novak Djokovic berhasil menjadi juara single putra tenis Italia Terbuka (Internazionali BNL d’Italia) usai mengalahkan Diego Schwartzman di Babak Final pada Selasa (22/9/2020) dini hari WIB kemarin.

LEWATI REKOR RAFAEL NADAL

Berkat kemenangan tersebut, Djokovic kini sudah mengoleksi total lima trofi di ajang Grand Slam Italia Terbuka. Selain itu, dia juga menambah catatan gelar master-1000 ke-36 kali. Dengan kata lain, yang bersangkutan berhasil mematahkan rekor Petenis Spanyol, Rafael Nadal.

Sebagai informasi, petenis berusia 33 tahun tersebut sebelumnya telah memenangkan gelar Master-1000 ke-35 di Cincinnati pada bulan lalu. Dengan begitu dia berhasil menyamai rekor Rafael Nadal dan baru melewati rekor tersebut pada bulan ini.

DI Final Italia terbuka 2020, Djokovic sendiri meraih kemenangan straight set atas petenis peringkat 15 dunia asal Argentina Schwartzman.

Pencapaiannya berkat kemenangan di ajang Italia terbuka juga menandai pekan ke-287 Djokovic sebagai seoarng petenis professional. Dengan jumlah ini, dia melampuai torehan Pete Sampras.

Dengan catatan tersebut, Djokovic pun hanya kalah dari Roger Federer yang telah memainkan 310 Pekan sejauh ini.

GELAR KELIMA DI ITALIA TERBUKA

Ini gelar kelima Djokovic di Italia Terbuka dan yang pertama sejak 2015. Djokovic, runner-up tahun lalu, kalah di final dari Nadal, sebelum 2015 menjuarai single putra Italia Terbuka pada 2008, 2011, dan 2014.

Rafael Nadal sendiri masih merupakan pemilik rekor terbanyak juara tunggal Putra di ajang Italia terbuka. Petenis asal Spanyol tersebut sudah memenangkan 9 gelar dari 11 babak final yang dicapainya.

Dua kekalahan yang ditelan Nadal pada ajang Italia terbuka tak lain saat berhadapan dengan Djokovic di tahun 2011 dan 2014.

Sementara itu, pada ajang Italia terbuka tahun ini, Rafael Nadal tersingkir lebih awal usai kalah dari Schwartzman di babak delapan besar. Kekalahan Nadal sangat mengejutkan sebab dia selama ini dikenal sebagai raja tenis lapangan tanah liat.

Berikutnya, Nadal dan Djokovic bakal bersaing sengit pada ajang Prancis terbuka yang rencananya digelar mulai 11 Oktober mendatang.