Novak Djokovic Minta Maaf Terkait Insiden Pukulan pada Hakim Garis

Lewat Akun Instagram pribadinya, Novak Djokovic menuliskan pernyataan maaf terkait dengan insiden pemukulan bola terhadap Hakim Garis dalam pertandingan melawan Carreno Busta akhir pekan kemarin.

Seperti diketahui, petenis berusia 33 tahun itu memang berhadapan dengan Carreno Busta di babak 16 besar AS Terbuka. Usai tertinggal pada set pertama, Djokovic tampak kesal dan akhirnya memukul bola dengan rakitnya tanpa arah dan tujuan.

Bola melaju kencang dan mengenai seorang hakim garis wanita yang mengawal pertandingan. Hakim Garis yang disembunyikan identitasnya itu tampak kesakitan, tapi untung saja tidak ada cedera serius yang dialami.

DIDISKUALIFIKASI LANGSUNG DAN DIDENDA

Kendati begitu, Djokovic tetap mendapatkan sanksi berat berupa diskualifikasi dari ajang AS Terbuka, yang berarti Busta melangkah ke babak perempat final tanpa melanjutkan pertandingan.

Terkait sanksi ini, Djokovic dianggap secara sengaja memukul bola secara sembrono atau sembarangan tanpa memikirkan konsekuensinya. Tak sampai disitu, Pria asal Serbia juga dijatuhi denda akibat sikapnya yang enggan menghadiri konferensi pers sebelum pertandingan.

Memang, setelah dinyatakan telah didiskualifikasi dari kompetisi AS Terbuka, Djokovic langsung mengepak barang-barangnya kemudian pergi meninggalkan lapangan.

DJOKOVIC MINTA MAAF

Beberapa saat berselang setelah pertandingan tersebut, Djokovic muncul di Instagram dengan menuliskan permohonan maafnya. Dia kembali menegaskan bahwa tidak ada unsur kesengajaan dalam insiden tersebut.

“Seluruh situasi ini membuatku merasa sangat sedih dan hampa. Aku sudah memeriksa si hakim garis dan penyelenggara bilang kepadaku bahwa untunglah dia baik-baik saja. Aku betul-betul menyesal karena membuat dia sangat stres. Betul-betul tidak sengaja. Sangat salah.”

“Aku tidak mengungkapkan nama dia untuk menghormati privasi dia. Sedangkan soal diskualifikasi, aku perlu kembali dan bekerja di atas kekecewaanku dan mengubah semua ini menjadi sebuah pelajaran untuk perkembanganku dan evolusiku sebagai seorang pemain dan manusia biasa.”

“Aku minta maaf kepada turnamen AS Terbuka dan seluruh pihak terkait atas tindakanku. Aku sangat berterima kasih kepada tim dan keluargaku atas dukungan tanpa syarat, dan seluruh fans yang selalu ada bersamaku. Terima kasih dan aku sangat menyesal,” tulis Novak Djokovic.