Fakta Yayuk Basuki, Petenis Legendaris Indonesia

Yayuk-Basuki

Beritatenis.com – Info Pemain – Dalam dunia tenis nasional, nama Yayuk Basuki seakan tidak pernah pudar. Ia merupakan petenis wanita yang sukses menjuarai turnamen internasional pertama bagi Indonesia. Selain itu, banyak prestasi membanggakan lainnya yang juga ia cetak di ajang tersebut.

Tak akan habis rasanya membicarakan Yayuk Basuki. Sang petenis memang tak lagi bermain tapi, sosoknya memang tetap memberikan pengaruh yang besar bagi perkembangan dunia tenis dalam negeri. Berikut fakta-fakta menarik soal Yayuk Basuki.

Kenal tenis sejak kecil

Sosok yang mengenalkan tenis pertama kali kepada Yayuk Basuki kecil adalah sang ibunda, Sutini. Ia juga menjadi pelatih dari Yayuk Basuki. Tidak hanya sejak kecil saja, sang ibu juga terus membimbing Yayuk Basuki hingga menyentuh dunia professional. Di dunia professional, ada Mien Gondowidjojo yang turut berperan besar dalam perkembangan karirnya pada tahun 1990.

Menembus peringkat 20 besar tunggal putri

Yayuk Basuki memang bukan petenis sembarangan. Ia pernah masuk dalam peringkat 20 besar tunggal putri dunia. Pencapaian terbesar yang pernah ia torehkan terjadi saat ia masuk ke babak 8 besar Wimbledon pada tahun 1997. Disana, ia sempat mengalahkan beberapa nama besar sebelum kalah atas Jana Novatna. Pencapaian tersebut memang berhasil dicatatkan berkat gelar juara yang ia raih dari sejumlah turnamen.

The Jaguar of Asia

Nama besar Yayuk Basuki tidak hanya dikenal di dalam negeri tapi juga dunia internasional. Ia sempat mendapatkan julukan the jaguar of Asia. Berkat kemampuan dan prestasi yang ia cetak, ia akhirnya sukses mendapatkan julukan tersebut dan ditakuti oleh lawan-lawannya baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Anggota DPR RI 2014/2019

Setelah pensiun pada tahun 2013, ia akhirnya memutuskan untuk fokus dalam mengembangkan tenis Indonesia yang diklaim tidak berkembang. Untuk itu, ia mencalonkan diri dan menjadi anggota DPR-RI pada tahun 2014/2019. Dalam periode tersebut, ia menjadi anggota DPR RI untuk komisi X yang turut mengurusi olahraga.

Demikian fakta menarik mengenai Yayuk Basuki. Meski ia tak lagi berlaga tapi nama besarnya tetap bergaung di dunia tenis dalam negeri.