Abigail Spears dapatkan hukuman 22 bulan karena positif menggunakan dopping

Abigail Spears

Beritatenis.com – Info Pemain – Salah satu hal yang paling dilarang dan haram dalam olahraga adalah penggunaan obat terlarang seperti doping untuk meningkatkan performa permainan. Selain tidak sportif, ini tentunya akan membuat pertandingan tidak berjalan imbang. Itulah mengapa hukuman dari penggunaan doping untuk atlet olahraga apapun contohnya tenis sangat berat dan tidak main main. Seperti yang dialami Abigail Spears saat ini.

Positif menggunakan doping

Petenis asal Amerika Abigail Spears mendapat larangan bermain selama 22 bulan karena penggunaan dopin. Ia mendapatkan hukuman tersebut karena pada hari Rabu setelah tes kesehatan dinyatakan positif menggunakan doping saat laga AS open tahun lalu. Spears yang berusia 38 tahun telah memenangkan 21 gelar ganda putri selama karirnya dan memenangkan gelar ganda campuran di Australia open pada 2017.

Sampel urinnya ditemukan mengandung dua zat terlarang, yaitu prasteron dan testosteron, kata Federasi Tenis Internasional. Spears didakwa dan untuk sementara ditangguhkan pada tanggal 7 November. ITF menerima penjelasannya bahwa penggunaan zat itu tidak berhubungan dengan kinerja olahraga, tetapi mengatakan “kesalahannya dianggap besar.”

Hukuman sempat ditunda

Hukuman yang akan diterima oleh Spears ini sendiri mengalami penundaan dan belum segera diberikan saat itu juga. Saat inilah hukuman tersebut mulai diberikan, itu berarti Spears akan mengalami hukuman yang cukup berat dimana ia tidak bisa ikut bertanding selama 22 bulan, dan itu memang cukup menyedihkan untuk petenis seperti Spears.

Tentunya hal ini bisa menjadi pembelajaran untuk petenis lainnya atau atlet lainnya. Doping sudah menjadi masalah yang sangat besar di dalam dunia olahraga. Banyak atlet olahraga bertalenta yang menggunakan doping karena ambisinya. Namun hal ini sangat tidak fair untuk atlet lain yang bermain secara sportif dengan kekuatan mereka sendiri.

Dengan demikian adanya pemberlakuan hukuman larangan bermain ini sudah cukup baik dan tegas. Ketegasan dalam hukuman ini sangat penting karena tanpa ketegasan ini maka para pemain atau atlet akan bertindak semau mereka sendiri, dan itu bisa berakibat pada permainan yang tidak sportif dan tidak fair.